Penelitian ini akan mengungkap interaksi teman sebaya dan perilaku sosial anakyang ditunjukkan oleh anak-anak di TK Lab. Percontohan UPI Tahun Ajaran2008/2009. Adapun fokus dalam penelitian ini diarahkan pada 1) bagaimanagambaran umum interaksi teman sebaya di TK Lab. Percontohan UPI Tahun Ajaran2008/2009, 2) bagaimana gambaran umum perilaku sosial anak di TK Lab.Percontohan UPI Tahun Ajaran 2008/2009, 3) apakah terdapat hubungan yangsignifikan antara interaksi teman sebaya dengan perilaku sosial anak di TK Lab.Percontohan UPI Tahun Ajaran 2008/2009. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui ada tidaknya hubungan antara interaksi teman sebaya dengan perilakusosial anak di TK Lab. Percontohan UPI Tahun Ajaran 2008/2009.
Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak di TK Lab. Percontohan UPITahun Ajaran 2008/2009. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatankuantitatif, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah deskriptifkorelasional, dengan teknik komunikasi tidak langsung yaitu berupa penyebaranangket yang berisi pedoman pengamatan (observasi) terstruktur.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum interaksi temansebaya di TK Lab. Percontohan UPI Tahun Ajaran 2008/2009 berada dalam kategoribaik. Sementara itu perilaku sosial anak di TK Lab. Percontohan UPI TahunAjaran 2008/2009 juga berada dalam kategori baik. Hasil penelitian ini jugamenunjukkan bahwa antara interaksi teman sebaya dengan perkembangan perilaku sosial mempunyai hubungan yang signifikan.