UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR ANAK TAMAN KANAK-KANAK MELALUI PENERAPAN METODE EKSPRESI BEBAS (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok B TK AL-Husainiyyah Bandung) 0604515

UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR ANAK TAMANKANAK-KANAK MELALUI PENERAPAN METODE EKSPRESI BEBAS (Penelitian Tindakan Kelaspada Kelompok B TK AL-Husainiyyah Bandung)0604515
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kreativitas menggambaryang sangat diperlukan dalam pembelajaran seni rupa khususnya menggambar.Permasalahan yang terjadi di TK AL-Husainiyyah menunjukkan bahwa metodepengembangan kreativitas menggambar masih menggunakan metode mencontoh guru,masih menekankan pengajaran yang berpusat pada guru, serta kurangnya media yangdigunakan oleh guru untuk menunjang pembelajaran menggambar. Dan gambar yangdihasilkan anak stereotip. Hal tersebut menjadi alasan yang mendasari rumusanmasalah, yaitu (1) bagaimana kondisi objektif kreativitas menggambar anak sebelum diterapkannya metode ekspresi bebas di TK Al-Husainiyyah, (2) bagaimanapelaksanaan penerapan metodeekspresi dalam meningkatkan kreativitas menggambar anak di TK AL-Husainiyyah, (3) bagaimana kreativitas menggambar anakTK AL-Husainiyyahsetelah diterapkannya metodeekspresi bebas, dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang penerapanmetode ekspresi bebas di TK AL-Husainiyyah dalam meningkatkan kreativitasmenggambar anak. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus.Deskripsi hasil penelitian sebelum diberikan penerapan metode ekspresi bebastingkat kreativitas menggambar anak dari seluruh jumlah anak yaitu 10 anak,secara presentase kategori B sebanyak 35%, C sebanyak 22,5% dan K sebanyak42,5%. Hasil akhir kreativitas menggambar anak dari 10 anak setelahditerapkannya metode ekspresi bebas mengalami peningkatan, secara presentasekategori B sebanyak 68,75%, C sebanyak 18,75% dan C sebanyak 12,5%. Adapunsaran bagi guru TK adalah guru hendaknya menggunakan atau menerapakan metodepembelajaran yang lebih bervariatif dan menstimulasi tahapan perkembangan senianak khusunya menggambar, seperti metode ekspresi bebas. Metode ekspresi bebasini merupakan metode yang dapat membantu menstimulasi anak untuk kreatif. Bagipeneliti selanjutnya diharapkan dapat mengangkat kembali permasalahan yang adatetapi dengan metode, teknik, strategi, dan media yang lain serta tindakan yangberbeda agar dapat memberi masukan atau temuan baru khususnya dalammeningkatkan kreativitas menggambar anak sehingga dapat mengembangkan potensianak secara optimal.
About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s