PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK TK DALAM KEGIATAN BERMAIN RAGAM BENTUK GEOMETRI (Penelitian Tindakan Kelas di kelompok B-TK 0802757

PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK TK DALAM KEGIATAN BERMAIN RAGAMBENTUK GEOMETRI (Penelitian Tindakan Kelas di kelompok B-TK 0802757
Penelitian ini dilatarbelakangi adanyapermasalahan  yang ditemukan   di TK Andika yaitu masihrendahnya kreativitas anak. Hal ini menjadi alasan yang mendasari rumusanmasalah, yaitu (1) bagaimana kondisi objektif kreativitas anak sebelumdilakukan penerapan kegiatan bermain ragam bentuk geometri, (2) bagaimana penerapan kegiatan bermain ragam  bentuk geometri dalam  meningkatkankreativitas anak, (3) bagaimana peningkatan kreativitas anak setelah penerapankegiatan bermain ragam bentuk geometri. Tujuan penelitian ini untuk memperolehgambaran tentang  penerapan kegiatan bermain ragam bentuk geometri di TKAndika, dalam upaya meningkatkan kreativitas anak. Metode yang digunakan adalahPenelitian Tindakan Kelas (PTK), Subjek penelitian adalah anak kelompok B TKAndika yang berjumlah 13 anak. Teknik pengumpul data dilakukan melaluiobservasi, catatan lapangan, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakanteknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwadalam kegiatan bermain ragam bentuk geometri kreativitas anak mengalamipeningkatan dalam kelancaran, keluwesan, keaslian dan keterperincian. Hal inijuga didukung oleh persentase peningkatan kreativitas anak yang dikategorikankreatif. Pada siklus I jumlahnya hanya sekitar 58,635%, pada siklus II jumlahpeningkatan kreativitas meningkat menjadi 74,35 % dan pada siklus III jumlahtersebut meningkat pesat menjadi 98,5%. Peningkatan tersebut diantaranya, semuaanak dapat menyelesaikan pekerjaan sendiri, sesuai imajinasinya menghasilkanbanyak gagasan yang dituangkan ke dalam bentuk hasil karya berupa gambar darisusunan ragam bentuk geometri yang masing-masing berbeda dan unik, serta semuaanak memiliki rasa bangga dan percaya diri terhadap hasil karyanya sendiri,tidak segan atau malu memperlihatkan juga menceritakan di depan teman atauorang lain. Rekomendasi bagi Guru, yaitu dalam melaksanakan kegiatanpembelajaran, khususnya dalam pengembangan kreativitas anak hendaknya lebihkreatif, dan menggunakan teknik yang lebih bervariasi. Sedangkan bagi penelitiselanjutnya, kegiatan  bermain ragam bentuk geometri merupakan sebuahmetode yang dapat menjadi kajian  untuk bahan penelitian terhadap aspekperkembangan yang lain. DOWNLOADFILE LENGKAPNYA
About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s