PENGARUH PENDEKATAN KELAS YANG BERPUSAT PADA ANAK TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK (Penelitian Kuasi Eksperimen di TK 0703284

PENGARUH PENDEKATAN KELAS YANG BERPUSAT PADA ANAK TERHADAPPENINGKATAN KREATIVITAS ANAK (Penelitian Kuasi Eksperimen di TK 0703284
Penelitian ini dilatarbelakangi olehkurang berkembangnya tingkat kreativitas anak di TK Negeri Manonjaya KecamatanManonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Hal ini ditunjukkan dengan kurang optimalnyapenggunaan pendekatan pembelajaran kelas yang berpusat pada anak. Anak tidakmempunyai kesempatan untuk memilih kegiatan sesuai dengan minat dan kebutuhananak, area-area yang ada tidak dipergunakan dengan baik melainkan digunakanhanya sebagai hiasan kelas saja, guru lebih  dominan selama pembelajaransehingga anak tidak mempunyai kebebasan dan kesempatan untuk memilih kegiatanyang akan diikutinya.
Rumusan Masalah dalam penelitian iniadalah (1) bagaimana kondisi pre-test pada tingkat kreativitas di kelas kontroldan kelas eksperimen di TK Negeri Manonjaya, (2) bagaimana kondisi post-testpada tingkat kreativitas di kelas kontrol dan kelas eksperimen di TK NegeriManonjaya, (3) apakah penerapan pendekatan kelas yang berpusat pada anakmemiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kreativitas anak di TKNegeri Manonjaya.
Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui (1) kondisi pre-test pada tingkat kreativitas di kelas kontrol dankelas eksperimen di TK Negeri Manonjaya, (2) kondisi post-test pada tingkatkreativitas di kelas kontrol dan kelas eksperimen di TK Negeri Manonjaya, (3)pengaruh yang signifikan penerapan pendekatan kelas yang berpusat pada anakterhadap peningkatan kreativitas anak di TK Negeri Manonjaya.
Metode yang digunakan dalam penelitianini adalah metode kuasi eksperimen. Subjek penelitiannya, anak TK NegeriManonjaya kelompok B1 sebanyak 10 anak dan B2 sebanyak 10 anak. Adapun datayang diperoleh merupakan hasil observasi dan dokumentasi serta penilaian padaTes Kreativitas Figural pada saat diberikan pre-test dan post-test yang diujidengan Uji t-Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwapenerapan pendekatan kelas yang berpusat pada anak dapat meningkatkankreativitas anak. Dilihat dari peningkatan nilai tingkat kreativitas anak padakelompok eksperimen (Kelompok B1) yang lebih signifikan dibandingkan dengankelompok kontrol (kelompok B2). Simpulannya adalah pendekatan kelas yangberpusat pada anak dapat meningkatkan kreativitas anak. Rekomendasi yangpeneliti ajukan adalah penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengangkatkembali permasalahan yang ada tetapi dengan metode, strategi, pendekatan yangberbeda agar sehingga dapat memberi temuan baru khususnya dalam meningkatkankreativitas anak yang lebih optimal. DOWNLOADFILE LENGKAPNYA
About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s