Pengaruh Metode Cantol Roudhoh Terhadap Kemampuan Membaca Dini Anak TK (Penelitian Kuasi Eksperimen Tehadap Anak Kelompok B1 dan B2 di TK 0603869

Pengaruh Metode Cantol Roudhoh Terhadap Kemampuan MembacaDini Anak TK (Penelitian Kuasi Eksperimen Tehadap Anak Kelompok B1 dan B2 di TK 0603869

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi awalterhadap guru di Taman Kanak-kanak Islam Al-Jumhur Kota Cirebon, metode cantolroudhoh belum pernah digunakan dalam aktivitas pembelajaran perkembangan bahasaanak, khususnya dalam meningkatkan kemampuan membaca dini. Metode yangdigunakan untuk pembelajaran membaca di Taman Kanak-kanak tersebut hanyamenggunakan metode konvensional berupa buku paket membaca, majalah, danpengenalan huruf secara terpisah, sehingga anak merasa aktivitas membaca sangatmembosankan dan terkesan “dipaksakan”. Rumusan masalah dalam penelitian iniadalah (1) bagaimana kondisi awal kemampuan membaca dini anak di kelompokeksperimen dan kelompok kontrol, (2) bagaimana kondisi akhir kemampuan membacadini anak di kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, (3) apakah terdapatpengaruh yang signifikan dalam penggunaan metode cantol roudhoh terhadapkemampuan membaca dini anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1)kondisi awal kemampuan membaca dini anak di kelompok eksperimen dan kelompokkontrol, (2) kondisi akhir kemampuan membaca dini anak di kelompok eksperimendan kelompok kontrol, (3) pengaruh yang signifikan dalam penggunaan metodecantol roudhoh terhadap kemampuan membaca dini anak. Metode penelitian yangdigunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi esperimen. Subjekpenelitiannya, yaitu anak kelompok B1 sebanyak 10 anak dan kelompok B2 sebanyak10 anak di TK Islam Al-Jumhur Cirebon. Adapun data yang diperoleh merupakan hasilobservasi, dokumentasi serta tes yang dilakukan kepada setiap subjek yangdiberikan pada saat pre-test dan post-test dan diuji dengan menggunakan Uji-tdengan bantuan SPSS Versi 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaanmetode cantol roudhoh dalam pembelajaran membaca dapat meningkatkan kemampuanmembaca dini anak. Dilihat dari peningkatan nilai kemampuan membaca dini anakkelompok eksperimen (kelompok B1 TK Islam Al-Jumhur Cirebon) dibandingkandengan kelompok kontrol (kelompok B2 TK Islam Al-Jumhur Cirebon). Simpulannyaadalah metode cantol roudhoh efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca dinianak TK. Saran yang peneliti ajukan, hendaknya penelitian berikutnya dapatmengangkat kembali permasalahan yang ada dan mendapatkan hasil yang lebih baiklagi.DOWNLOADFILE LENGKAPNYA

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s