MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK TAMAN KANAK-KANAK MELALUI METODE KARYAWISATA (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas B di TK 0603856

MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK TAMAN KANAK-KANAKMELALUI METODE KARYAWISATA (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas B di TK  0603856

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecerdasannaturalis anak Taman Kanak-kanak di Taman Kanak-kanak Manbaul Huda danrendahnya kemampuan guru TK dalam menggunakan metode pembelajaran yang variatifdi TK tersebut. Permasalahan yang terjadi di Taman Kanak-kanak Manbaul Hudamenunjukan bahwa metode yang diterapkan di TK tesebut, pada umumnya guru masihmenggunakan metode ekspositori (ceramah). Hal tersebut menjadi alasan yang mendasarirumusan masalah, yaitu (1) Bagimana kondisi objektif kecerdasan naturalis anakTaman Kanak-kanak Manbaul Huda sebelum diterapkan metode karyawisata, (2)Bagaimana penerapan kegiatan metode karyawisata untuk meningkatkan kecerdasannaturalis anak Taman Kanak-kanak Manbaul Huda, (3) Bagaimana kecerdasannaturalis anak sesudah diterapkan metode karyawisata di Taman Kanak-kanakManbaul Huda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitiantindakan kelas (PTK). Dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiridari tiga siklus. Deskripsi hasil penelitian sebelum diberikan penerapan metodekaryawisata terhadap anak, hasil persentase di kategorikan baik (B) sebanyak31,4%, kategori cukup (C) sebanyak 29,8%, dan kategori kurang (K) sebanyak 38,8%.Hasil akhir kecerdasan naturalis anak dari 12 anak setelah diterapkannya metodekaryawisata mengalami peningkatan, secara persentase katagori baik (B) sebanyak41,1%, kategori cukup (C) sebanyak 39,5%, dan kategori kurang (K) sebanyak19,4%. Dari hasil persentase persiklus bahwa kecerdasan naturalis anak TamanKanak-kanak Manbaul Huda menunjukan peningkatan serta didukung oleh saranaprasarana yang terdapat di Taman Kanak-kanak Manbaul Huda. Data hasilpersentase yang didapat dari tiap siklus menunjukan adanya peningkatan. Dengandemikian penelitian yang dilakukan pada Anak Taman Kanak-kanak Manbaul Hudadinyatakan bahwa metode karyawisata lebih efektif dalam meningkatkan kecerdasannaturalis anak. Adapun saran bagi guru TK adalah guru hendaknya menerapkan ataumengunakan metode pembelajaran yang lebih bervariatif dan menstimulasikecerdasan naturalis anak melalui metode karyawisata. Diharapkan bagi penelitiselanjutnya dapat meningkatkan kembali permasalah yang ada tetapi denganmetode, teknik, strategi, dan media yang lain serta tindakan yang berbeda agardapat memberi masukan atau temuan baru yang khususnya dalam meningkatkankecerdasan naturalis anak sehingga dapat mengembangkan potensi anak secaraoptimal.      DOWNLOADFILE LENGKAPNYA

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s