Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Media Lotto Angka (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Asuhan Bunda) 0703327

Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Anak UsiaDini Melalui Penggunaan Media Lotto Angka (Penelitian Tindakan Kelas di PAUDAsuhan Bunda) 0703327
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangberkembangnya kemampuan mengenal bilangan anak di PAUD Asuhan Bunda. Hal inidisebabkan karena kurang tersedianya media untuk pembelajaran di kelas. Gurulebih mendominasi kegiatan pembelajaran, penekanan kegiatan menggunakan paperpencil test sehingga anak tidak mempunyai kebebasan dan kesempatan untukmemilih kegiatan yang akan diikutinya.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1)bagaimana kondisi awal pembelajaran bilangan pada anak usia dini di PAUD AsuhanBunda?, (2) Permasalahan apa yang dihadapi dalam pembelajaran bilangan di PAUDAsuhan Bunda?, (3) Apakah penggunaan media lotto angka dapat dilakukan untukmeningkatkan kemampuan mengenal bilangan anak di PAUD Asuhan Bunda?, (4)bagaimana perkembangan kemampuan mengenal bilangan anak di PAUD Asuhan Bundasetelah dilakukan tindakan kelas (Action Research) menggunakan medialotto angka?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1)kondisi awal proses pembelajaran bilangan di PAUD Asuhan Bunda, (2) mengetahuipermasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran bilangan di PAUD Asuhan Bunda,(3) menerapkan penggunaan media lotto angka dalam meningkatkan kemampuanmengenal bilangan pada anak di PAUD Asuhan Bunda, (4) mengetahui perkembanganyang terjadi pada kemampuan mengenal bilangan anak setelah dilakukan tindakankelas (action research) melalui penggunaan media lotto angka
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahpenelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian terletak di Jalan Kartika RayaNo.1 Geger Kalong KPAD Bandung 40153. Subjek penelitian di PAUD Asuhan Bundaadalah anak usia 3-5 tahun, berjumlah 12 orang tahun ajaran 2009/2010.
Dari hasil penelitian ini diperolehkesimpulan bahwa penggunaan media lotto angka dapat meningkatkan kemampuanmengenal bilangan anak, hal ini terlihat pada semua anak dan semua indikatorkemampuan mengenal bilangan mengalami peningkatan secara bertahap. Rekomendasiyang peneliti ajukan untuk guru, kepala sekolah dan peneliti selanjutnya diharapkandapat mengangkat kembali permasalahan yang ada tetapi dengan media, metode,strategi, pendekatan yang berbeda sehingga dapat memberi temuan baru khususnyadalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan anak yang lebih optimal. DOWNLOADFILE LENGKAPNYA
About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s