UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK TAMAN KANAK-KANAK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA BALOK CUISENAIRE ( Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok B TK 0603952

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK TAMANKANAK-KANAK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA BALOK CUISENAIRE ( Penelitian TindakanKelas pada Kelompok B TK 0603952
Penelitian ini dilatarbelakangi olehpentingnya kemampuan berhitung yang yang sangat diperlukan dalam kehidupansehari-hari, terutama konsep bilangan yang merupakan juga dasar bagipengembangan kemampuan matematika. Permasalahan yang terjadi di TK Gelatik menunjukkanbahwa metode pengembangan kemampuan berhitung masih menggunakan metode drill,praktek paper-pencil test, masih menekankan pengajaran yang berpusat pada guru,serta kurangnya media yang digunakan oleh guru untuk menunjang pembelajaranberhitung. Hal tersebut menjadi alasan yang mendasari rumusan masalah, yaitu(1) bagaimana kondisi objektif kemampuan berhitung anak sebelum digunakannyamedia balok Cuisenaire di TK Gelatik Kecamatan Bandung Wetan, (2) bagaimanaprosedur penggunaan media balok Cuisenaire dalam meningkatkan kemampuanberhitung anak di TK Gelatik Kecamatan Bandung Wetan, (3) bagaimana kemampuanberhitung anak TK Gelatik Kecamatan Bandung Wetan setelah digunakannya mediabalok Cuisenaire, dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang penggunaanmedia balok Cuisenaire di TK Gelatik dalam meningkatkan kemampuan berhitunganak. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalampelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus. Setiapsiklus terdiri dari indikator yang berbeda dan diberikan tiga kali tindakan.Setiap tindakan pada penelitian ini diharapkan dapat menunjukkan hasilpeningkatan kemampuan berhitung anak. Deskripsi hasil penelitian sebelumdiberikan media balok Cuisenaire tingkat kemampuan berhitung anak dari seluruhjumlah anak yaitu 15 anak, secara presentase kategori B sebanyak 75%, Csebanyak 21,4% dan K sebanyak 3,6%. Hasil akhir kemampuan berhitung anak dari15 anak setelah pemberian media balok Cuisenaire mengalami peningkatan, secarapresentase kategori B sebanyak 94,6%, C sebanyak 5,4% dan C sebanyak 0%. Adapun saran bagi guru TK adalah guru hendaknya menggunakan media yang lebihbervariatif dan menstimulasi tahapan perkembangan kognitif anak khusunyaberhitung, seperti media balok Cuisenaire. Balok Cuisenaire ini merupakan mediayang dapat membantu anak dalam mencapai tahapan penguasaan berhitung, yaitutahapan transisi dan tahapan mengenal lambang. Bagi peneliti selanjutnyadiharapkan dapat mengangkat kembali permasalahan yang ada tetapi dengan metode,teknik, strategi, dan media yang lain serta tindakan yang berbeda agar dapatmemberi masukan atau temuan baru khususnya dalam meningkatkan kemampuanberhitung anak sehingga dapat mengembangkan potensi anak secara optimal. DOWNLOADFILE LENGKAPNYA
About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s