PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI PENGGUNAAN METODE DISCOVERY PADA ANAK TK (Penelitian Tindakan Kelas di TK Kelompok B 0611299

PENINGKATANKEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI PENGGUNAAN METODE DISCOVERY PADA ANAK TK  (Penelitian Tindakan Kelas diTK Kelompok B 0611299
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahamananak dalam mengenal warna dan lemahnya kreatifitas guru menggunakan metodepembelajaran yang efektif dalam mengenalkan warna sehingga anak sulit untukmemahami konsep warna dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini  adalah: (1) Bagaimana kondisi objektif proses pembelajaraan mengenal warna?,(2) Bagaimana kondisi objektif kemampuan anak mengenal warna?, (3) Bagaimanapelaksanaan pembelajaraan dengan metode discovery untuk meningkatkan kemampuananak dalam mengenal warna?, (4) Bagaimana kemampuan anak mengenal warna setelahpelaksanaan pembelajaran dengan metode discovery?, (5) Faktor-faktor yangmenghambat implementasi metode pembelajaraan discovery untuk meningkatkankemampuan anak dalam mengenal warna?, (6) Faktor-faktor yang mendukungimplementasi metode pembelajaraan discovery untuk meningkatkan kemampuan anakdalam mengenal warna?. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambarankondisi objektif pembelajaran mengenal warna, kondisi kemampuan anak dalammengenal warna, gambaran pelaksanaan pembelajaraan metode discovery, gambaranpeningkatkan kemampuan anak dalam mengenal warna dan faktor penghambat sertapendukung implementasi metode discovery dalam pembelajaran mengenal warna.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PenelitianTindakan Kelas (PTK), yaitu suatu penelitian yang melibatkan peneliti secaralangsung kepada subjek penelitian untuk mengamati perkembangan kemampuananak.  Penelitian terhadap anak kelompok B TK YKS Islam Citambal KabupatenTasikmalaya yang berjumlah tujuh belas orang diperoleh hasi penelitian bahwakondisi objektif pembelajaran mengenal warna menggunakan model pembelajaranberpusat pada guru (teacher centered) dengan media yang seadanya sehinggakemampuan anak mengenal warna rendah. Implementasi metode discovery dalampembelajaran mengenalkan warna dengan berbagai permainan dan percobaanmenjadikan anak dapat belajar aktif dan dapat meningkatkan kemampuan anak dalammengenal warna. Dalam proses pembelajaran mengalami hambatan karena guru kurangmenguasai metode pembelajaran discovery dan kesulitan mendapatkan mediapembelajaran tetapi beberapa faktor pendukung dapat memperlancar pembelajaranadalah dukungan kepala sekolah dan guru, guru kreatif dalam membuat mediapembelajaran, sikap guru yang terbuka, guru mempunyai semangat yang tinggiuntuk mempelajari hal baru dan anak sangat antusias dalam melaksanakan kegiatanpembelajaran. Penulis merumuskan rekomendasi untuk peningkatan hasil belajaranak adalah guru hendaknya mengembangkan kemampuannya dalam penguasaan berbagaimetode pembelajaran dan mengembangkan kreativitasnya dalam membuat mediapembelajaran karena penguasaan guru terhadap metode mengajar dan pemilihanmedia pembelajaran yang tepat sangat berbanding lurus dengan hasil belajaranak. DOWNLOADFILE LENGKAPNYA
About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s