HUBUNGAN ANTARA SIKAP GURU TK TERHADAP PROFESI DAN KINERJA GURU TK DI KOTA 0611168

HUBUNGAN ANTARA SIKAP GURU TK TERHADAP PROFESI DAN KINERJAGURU TK DI KOTA   0611168
Penelitian ini dilatarbelakangi olehpermasalahan yang menunjukkan bahwa kinerja guru TK pada umumnya masih rendah.Salah satunya faktor yang diduga mempengaruhi kinerja guru TK tersebut adalahsikap guru TK terhadap profesinya. Atas dasar tersebut maka rumusan masalahdalam penelitian ini adalah sebagai berikut, (1) Bagaimanakah profil setiapguru TK terhadap profesinya di Kota Cimahi tahun 2008/2009, (2) Bagaimanakahprofil kinerja guru TK di Kota Cimahi tahun 2008/2009, (3) Apakah terdapathubungan antara sikap guru terhadap profesinya dengan kinerja guru TK di Kota Cimahitahun 2008/2009. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaranempirik mengenai : (1) Profil sikap guru TK terhadap profesionya, (2) Profilkinerja guru TK di Kota Cimahi, (3) Hubungan antara sikap guru TK terhadapprofesi dengan kinerja guru TK di Kota Cimahi tahun 2008/2009. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional.Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru TK di Kota Cimahi sebanyak 289orang, sedangkan sampelnya berjumlah 162 orang yang diperoleh denganmenggunakan teknik cluster random sampling.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Profil sikap guru terhadap profesinya,(2) Profil kinerja guru TK di Kota Cimahi, (3) Hubungan antara sikap terhadapprofesinya dengan kinerja guru TK di Kota Cimahi tahun 2008/2009. Hasilpenelitian dengan uji statisik rank spearman koefisioen korelasi (rs) sebesar 0.46 menunjukkanhubungan antara sikap guru TK terhadap profesinya dengan kinerja guru adalahsedang. Koefisien determinasi (KD) sebesar 21,54% yang berarti kinerja gurudipengaruhi oleh faktor sikap guru terhadap profesi, dan sisanya dipengaruhioleh faktor-faktor lain sebesar 78,46%. Taraf uji t-test signifikansi dengan α= 0,05 dengan kriteria Tolak H0 jika uji ttabel < thitung.Hasil uji statistik rank spearman koefisien korelasi  (rs) sebesar 0,46yang berarti hubungan antara sikap guru TK terhadap profesi dengan kinerja gurusedang.  Koefisien determinasi (KD)sebesar 21,54% yang berarti kinerja guru dipengaruhi oleh faktor sikap guruterhadap profesi, dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain sebesar78,46%. Taraf uji t-test signifikansi dengan α = 0,05 dengan kriteria Tolak H0jika uji ttabel < thitung. Hasil uji t diperoleh bahwattabel 1,973 < thitung = 7,108, maka H0ditolak dan H1 diterima yaitu Ada hubungan antara sikap guru TKterhadap profesi dengan kinerja guru. Berdasarkan hasil dan kesimpulanpenelitian di atas, maka rekomendasi yang diajukan adalah diperlukan adanyapembinaan sikap dan kinerja guru secara seimbang dan sinergis, sehingga antarasikap dan kinerja dapat bergerak ke arah yang positif. DOWNLOADFILE LENGKAPNYA
About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s