PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBILANG ANAK USIA TK Penelitian Kuasi Eksperimen di RA Hajjah Multajam Bandung 0603881

PENGARUHPERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBILANG ANAK USIA TK PenelitianKuasi Eksperimen di RA Hajjah Multajam Bandung0603881
Bilangan yang menjadi unsur dari matematika menjadi sesuatuyang wajib diperkenalkan kepada anak sejak dini. Pengenalan bilangan di TamanKanak-kanak dapat berupa pemberian permainan yang menarik sehingga menyenangkanbagi anak. Tetapi pada kenyataannya pengenalan bilangan pada anak usia TK dibeberapa lembaga pendidikan belum menerapkan teknik pembelajaran yang tepat danmenarik dan sesuai dengan karakteristik anak. Beberapa ahli juga mengatakanbahwa pembelajaran bilangan pada anak usia TK merupakan kesalahan terbesar.Maka dari itu dibutuhkan pembelajaran yang menarik untuk pembelajaran bilanganuntuk anak usia TK. Salah satu teknik pembelajaran yang menarik dan sesuaidengan karakteristik anak untuk pengenalan bilangan pada anak usia TK adalahdengan permainan tradisional congklak, dimana permainan ini memilikikarakteristik yang menyenangkan dan memiliki manfaat untuk belajar mengenalbilangan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimendengan menggunakan desain penelitian kuasi ekserimen yaitu dengan menggunakandua kelompok yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Adapunyang menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah anak usia TK(kelompok B) di lingkungan Kelurahan Antapani Kecamatan Antapani Kota Bandungyaitu RA Hajjah Multajam dimana kelompok B1 sebagai kelompok eksperimen yangmenggunakan permainan tradisional congklak dengan sampel 10 anak dan B2 sebagaikelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran biasa yaitu dengan menggunakanLKS dan juga teacher centered atau biasa disebut dengan metode konvensional,dengan sampel 10 anak juga. Skala yang digunakan dalam instrumen adalah skalagutman dengan skor 1 dan 0.

Berdasarkan hasil analisis data, hasil yang didapat dari pre test menunjukanbahwa kemampuan awal dari kedua kelompok adalah sama (tidak berbeda secarasignifikan). Sedangkan hasil post test kedua kelompok menunjukan bahwakemampuan akhir berbeda secara signifikan pada taraf Sig α 0,05 artinya bahwapermainan tardisional congklak berpengaruh secara signifikan terhadap tingkatkemampuan bilangan anak usia TK.

Dengan demikian diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat menggunakanpermainan  atau metode yang berbeda dalam membantu meningkatkan kemampuanbilangan anak usia TK, sehingga terdapat banyak permainan atau metode yangmenarik lainnya yang dapat digunakan dan digali lebih dalam untuk kemampuanbilangan anak usia TK. DOWNLOADFILE LENGKAPNYA

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s