PENGARUH METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK 0603929

PENGARUHMETODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK USIA TAMANKANAK-KANAK 0603929
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kecerdasanlinguistik bagi anak usia Taman Kanak-kanak sebagai kemampuan berbahasa yangakan menjadi modal utama bagi anak dalam melakukan komunikasi dengan teman,guru dan juga orang dewasa lain yang ada disekitarnya, maka stimulasi untukmengenali dan meningkatkan potensi kecerdasan tersebut sangat diperlukan. Salahsatunya melalui metode bercerita yang dapat dilakukan guru di ruangan kelas.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitianpre-eksperimen one group pre-test post-test dimana populasi dan sampel dalampenelitian ini adalah siswa siswi Taman Kanak-kanak Puput Amelia kelompok Btahun pelajaran 2009-2010, dengan jumlah 24 anak.

Deskripsi hasil penelitian sebelum diterapkan metode bercerita, tingkatkecerdasan linguistik anak sebagian berada pada kategori tinggi dan sebagianlagi berada pada kategori rendah. Sedangkan tingkat kecerdasan linguistik anaksetelah diterapkan metode bercerita mengalami peningkatan yaitu sebagian besarberada pada kategori tinggi dan hanya sebagian kecil berada pada kategorirendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yangsignifikan metode bercerita terhadap kecerdasan linguistik anak kelompok BTaman Kanak-kanak Puput Amelia tahun pelajaran 2009-2010.

Adapun rekomendasi bagi guru Taman Kanak-kanak adalah untuk  mengupayakandalam menyajikan kegiatan bercerita dengan cerita yang menarik dan memikatperhatian guru sehingga akan bersungguh-sungguh dalam menceritakan kepada anak.Cerita harus sesuai dengan kepribadian anak, gaya dan bakat anak, serta harussesuai dengan tingkat usia dan kemampuan mencerna isi cerita anak usia TamanKanak-kanak. Sehingga aktivitas bercerita tidak monoton dan mampu menampilkanperbedaan karakter yang semuanya itu bisa menjadikan aktivitas bercerita lebihmenyenangkan disamping menghidupkan suasana bercerita dihadapan anak, dimanadengan kegiatan tersebut kemampuan berbahasa anak dapat tumbuh dan berkembanglebih optimal yang secara tidak langsung meningkatkan kecerdasan linguistikanak usia Taman Kanak-kanak DOWNLOADFILE LENGKAPNYA

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s